Perjalanan menuju beasiswa LPDP (Part 2) - Seleksi Online

Selanjutnya di post kali ini saya akan menceritakan tentang Seleksi Online yang baru diadakan di LPDP 2017. Karena masih baru jadi waktu itu masih sangat minim informasi yang bisa didapatkan terkait ini. Dan alhasil saya menerka-nerka isi dari pertanyaan yang akan diajukan.

Berdasarkan informasi dari blogwalking yang saya dapatkan, tes ini menyerupai psikotes yang tujuannya untuk mengetahui kepribadian pendaftar. Dan berdasarkan pengalaman saya, memang benar pertanyaannya menyerupai psikotes. 
Tes seleksi online dibagi menjadi 2 bagian:
1. VMI test (Value and Motives Inventory)
    Di test ini kita harus memilih opsi berupa sangat setuju, setuju, ragu-ragu, tidak setuju, dan sangat tidak setuju terhadap sebuah pernyataan. Soal yang muncul di awal dapat muncul di pertanyaan berikutnya. Jadi konsistensi kita sangat diuji disini, dan apabila ditemukan bahwa kita tidak jujur dalam memberikan jawaban, rasanya akan kelihatan dari jawaban yang tidak konsisten

2. 15 FQ (Factors Questionaire)
     Tes ini terdiri dari 200 pertanyaan sehingga cukup memakan energi otak saya dan konsentrasi dalam pengerjaanya. Pilihan jawaban berupa benar, netral atau salah. Pertanyaan bisa berupa spt ini:
- Saya mendapatkan diri saya merasa lemah
- Saya mengetahui apa yang saya inginkan, dan biasanya memastikan bahwa saya mendapatkannya.


 Tips untuk seleksi online
1. Carilah tempat yang tenang
Total soal yang harus kita kerjakan ada +/- 300 soal, sehingga konsentrasi sangat dibutuhkan, carilah tempat yang tenang dan waktu yang pas agar tidak terganggu saat mengerjakan tes online ini. Gak lucu kan kalau lagi mengerjakan tes no 97 tiba-tiba dipanggil orang dan terpaksa berhenti dari tesnya. Saya sendiri memilih mengerjakannya di rumah pada saat tengah malam menjelang subuh. Hehe. Karena asumsi saya tengah malam itu rendah distraction dan juga websitenya tidak begitu jam/ overload dibanding pada saat siang hari/ malam hari.

2. Cukup istirahat, makan dan hidrasi
Malam sebelum seleksi online jangan sampai begadang, karena nanti akan menganggu konsentrasi kalau sampai mengantuk. Dan juga, jangan sampai kelaparan ya, makan malam yang cukup sebelum tes dan siapkan segelas air disamping meja, bisa diminum kalau-kalau haus atau tegang :)

3. Kejujuran dan konsistensi sangat penting
Saran saya, jangan sampai berbohong dalam pengerjaan tes ini karena bentuk tesnya dengan soal berulang akan mendeteksi bila ada kebohongan oleh peserta. Jawablah apa adanya. Dan jangan overwork, pas awal-awal test, saya mencoba berbagai macam psikotes yang akhirnya membuat saya bingung dan menjawab dengan tidak konsisten. Dan dari informasi yang saya dapat, tes ini dapat mendeteksi ini dan memberikan ganjaran bagi jawaban yang tidak jujur/konsisten.

Pada dasarnya tidak ada jawaban yang salah dan benar karena jawabannya adalah apakah kepribadian anda sesuai dengan yang dicari LPDP

4. Waktu
Di seleksi online 2017, salah satu poin positif dari tes online ini adalah tidak ada batas waktu dalam pengerjaan tes. So take your time, and do the test properly.

Bersambung ke part 3...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perjalanan menuju beasiswa LPDP (Part 3) - Seleksi Substansi

Perjalanan menuju beasiswa LPDP (Part 1) - Essay dan Dokumen