Perjalanan menuju beasiswa LPDP (Part 3) - Seleksi Substansi

"Man proposes, God disposes"

- Thomas à Kempis-

Tibalah saat yang paling bikin tegang, yaitu seleksi subtantif!

Setelah baca blog pengalaman-pengalaman seleksi subtantif LPDP, saya mengambil langkah berikut untuk mengantisipasi seleksi ini:

1. Survey lokasi
Bila tidak familiar dengan lokasi seleksi subtantif, sebaiknya beberapa hari sebelum hari H, pergilah ke lokasi tersebut. Pengalaman saya, saat saya survey sebelum hari H, saya sempat tidak menemukan lokasi tersebut dan dibuat nyasar oleh googlemap selama 1 jam!

2. Perbanyak membaca

Salah satu yang diujikan di seleksi subtantif adalah essay on the spot. Saat menyiapkan untuk sesi ini, saran saya, perbanyak membaca tentang isu-isu yang 2-3 bulan ke belakang sedang semarak dibahas di media. Setelah membanding-bandingkan beberapa sumber, saya paling cocok dengan pembahasan dan gaya bahasa dari koran Komp*s dan beberapa situs berita online bila ingin mencari sesuatu isu secara cepat.

Pada saat hari H, usahakan buat kerangka paragraf secara cepat sebelum mulai menulis dan juga apabila memungkinkan, tulis essay secepat mungkin. Saya sendiri merasakan waktunya sangat mepet dan mengharuskan saya menulis secara cepat.

3. LGD
Sebelum mulai LGD, biasanya kalian akan bertemu dengan teman-teman yang akan menjadi tim kalian pada saat LGD. Berkenalanlah sejenak sebelum memasuki ruangan supaya suasana lebih cair. Saat LGD, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu:
  • Perkenalkan diri sebelum memulai menyatakan pendapat
  • Bila mau menyanggah atau menambahkan pendapat anggota tim lain, kemukakanlah dengan sopan dan baik. Ungkapkan hal yang kalian sama-sama setujui, baru kemudian membahas hal yang tidak kamu setujui
  • Ini pendapat berdasarkan pengalaman pribadi saya, yaitu berusahalah berpikir "out-of-the-box" dengan mengungkapkan pendapat yang kreatif dan inovatif. Dengan mengungkapkan pendapat yang out-of-the-box, berdasarkan pengalaman saya, diskusi akan menjadi lebih mengalir dan tidak berputar-putar pada poin yang itu-itu saja.
4. Latihan wawancara

Inilah bagian yang paling menegangkan buat saya. Pertama, karena saya tidak tahu siapa yang akan mewawancara saya sehingga pertanyaan yang diajukan bisa jadi bukan bidang saya. Kedua, saya khawatir tiba-tiba nge-blank di tengah-tengah wawancara saking tegangnya.

Tips untuk wawancara dari saya:
  • Gunakan pakaian yang rapih dan nyaman. Saya sendiri waktu itu memilih menggunakan batik lengan panjang.
  • Bersikap sopan terhadap pewawancara. Berikan salam dan perkenalkan diri saat wawancara, pergunakan bahasa yang baik saat wawancara
  • Latihan tanya jawab dengan teman. Ini akan sangat membantu supaya kita siap dan dapat menjawab semua pertanyaan dari pewawancara dengan baik pada saat hari H. Pergunakan Bahasa Inggris saat latihan untuk pendaftar beasiswa LPDP jalur LN
Terakhir jangan lupa berdoa, makan dan minum yang cukup sebelum seleksi subtantif dimulai ya :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perjalanan menuju beasiswa LPDP (Part 2) - Seleksi Online

Perjalanan menuju beasiswa LPDP (Part 1) - Essay dan Dokumen